Ramai Isu Penembakan di Exit Tol Bintaro, Ini Tips Berkendara Saat Dibuntuti

Kasus penembakan terjadi di exit tol Bintaro, Pondok Pinang km 19 Tol Lingkar Luar Jakarta. Diketahui bahwa pelaku penembakan itu adalah seroang anggota Satuan Polisi di Jalan Raya Ditlantas Polda Metro Jaya berinisial Ipda OS.

Insiden ini terjadi setelah seorang warga berinisial O melapor kepada Ipda OS bahwa dirinya dibuntuti oleh sejumlah mobil di Kawasan Bintaro, Jakarta Selatan. Mendapat laporan itu, Ipda OS pun akhirnya meminta O untuk datang ke Kantor PJR Induk 4, tempat dia bertugas.

Sesampainya di sana, terjadi keributan yang tidak terhindarkan. Sehingga Ipda OS harus mengarahkan tembakannya kepada dua korban, yakni PP dan MA. Sejauh ini belum ada informasi lebih lanjut apa motifnya.

Terlepas dari itu, kali ini redaksi Tempo mencoba untuk merangkum beberapa tips berkendara ketika sedang dibuntuti oleh orang tak dikenal. Berikut ulasannya:

Tetap Tenang

Pengendara disarankan untuk tetap tenang ketika mengetahui bahwa sedang ada yang menguntit saat berkendara. Akan tetapi, bukan berarti Anda tidak waspada. Fokus pada jalanan tetap menjadi hal penting. Dengan pikiran yang tenang, maka kalian bisa menemukan jalan keluar yang tepat.

Hubungi Polisi

Dalam kasus di atas, pengemudi berinisial O memang sudah melakukan hal ini. Dirinya menghubungi polisi, sehingga dirinya tidak mengalami kekerasan dari sang penguntit. Anda bisa menghubungi polisi di nomor 110 atau 112. Ketika sudah terhubung, pastikan Anda menjelaskan lokasi secara sepsifik dan terus ikuti arahan polisi.

Bunyikan Klakson

Langkah selanjutnya, pengendara mobil bisa membunyikan klakson secara terus menerus agar Anda menjadi pusat perhatian orang-orang di sekitar atau petugas setempat. Dengan begitu, si penguntit bakal takut untuk mendatangi Anda, terlebih jika petugas sudah berada di dekat Anda.

Jangan Pulang ke Rumah

Apabila Anda merasa sedang dibuntuti oleh orang tak dikenal, maka lebih baik jangan pulang ke rumah. Karena si penguntit bakal lebih leluasa untuk melakukan tindakan kotor, baik di waktu yang sama atau di hari lain. Maka dari itu, coba untuk mengunjungi tempat umum atau bahkan kantor polisi.

Tancap Gas

Langkah terakhir, Anda juga diperbolehkan untuk tancap gas agar si penguntit kehilangan jejak. Akan tetapi, pastikan jika Anda tetap fokus dan mematuhi beberapa aturan lalu lintas. Ketika ngebut, pastikan juga bahwa kalian tidak masuk ke dalam gang yang tidak diketahui. Hal ini meminimalisir bertemu jalan buntu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.