5 Manfaat Olahraga Pagi, Lebih Bahagia hingga Mudah Tidur

Bangun pagi untuk berolahraga bukanlah prestasi kecil, dan jika Anda dapat mengerahkan dedikasi yang diperlukan untuk tidak menekan tanda tunda pada alarm, Anda akan senang Anda melakukannya. Terlepas dari kepuasan yang timbul dari berolahraga dan mandi, ada juga manfaat utama lainnya dari olahraga pagi untuk kesehatan fisik dan mental Anda.

“Hal terbaik tentang berolahraga di pagi hari adalah Anda telah menyelesaikannya dan Anda tidak perlu memikirkannya selama sisa hari Anda,” kata Tatiana Lampa, spesialis latihan korektif dan pelatih. “Berolahraga di malam hari mungkin sulit—terutama setelah bekerja jika ada rapat atau komitmen.” Selain itu, berolahraga di pagi hari juga merupakan cara terbaik untuk mendapatkan sinar matahari.

5 manfaat olahraga pagi, menurut pelatih

1. Anda akan merasa lebih siap selama berolahragaFaktanya tubuh Anda secara alami memproduksi lebih banyak hormon stres “kortisol” di pagi hari. Ini membuat Anda merasa lebih waspada dan siap untuk berolahraga. Di malam hari, tubuh Anda menghasilkan lebih sedikit kortisol, jadi mungkin lebih sulit untuk meyakinkan otak Anda bahwa sudah waktunya untuk pergi, pergi, pergi.

2. Anda akan merasa lebih bahagiaEndorfin, serotonin, dan norfenilefrin—neurotransmiter penambah kebahagiaan yang dihasilkan oleh olahraga—sangat bagus setiap saat sepanjang hari, tapi lebih baik lagi jika pagi hari. “Sementara meditasi, tertawa, atau makan cokelat meningkatkan kadar endorfin, tidak meningkatkannya sebanyak berolahraga secara intens selama satu jam atau lebih,” J. Kip Matthews, PhD, sebelumnya mengatakan kepada Well+ Good. Pergi jalan-jalan, naik treadmill, atau bersepeda keliling kota Anda di pagi hari, dan Anda akan berjalan di bawah sinar matahari sepanjang hari.

3. Membantu fungsi jantungPenelitian menunjukkan bahwa latihan awal juga dapat bermanfaat bagi mereka yang memiliki tekanan darah tinggi. “Ada penelitian yang mengatakan jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, ada perubahan tekanan darah tinggi yang menguntungkan saat berolahraga di pagi hari versus di malam hari,” kata Lampa. Referensi Lampa studi 2019 dilakukan oleh American Heart Association (AHA), dan mempelajari wanita dan pria berusia antara 55 dan 80. Penelitian ini juga menemukan bahwa mungkin lebih bermanfaat untuk menggabungkan latihan awal Anda dengan sering, jalan pagi singkat.

4. Membuat olahraga menjadi kebiasaanJika Anda ingin membuat kebiasaan baru, yang terbaik adalah menggabungkannya dengan kebiasaan lama yang sudah mapan. Karena sebagian besar kebiasaan seumur hidup kita terjadi di pagi hari, misalnya minum kopi, menggosok gigi, mencuci muka, dan lainnya, begitu juga dengan berolahraga.

5. Tidur yang lebih baikSatu kelemahan dari berolahraga di malam hari adalah bahwa olahraga—dan terutama olahraga dengan intensitas sedang hingga tinggi—meningkatkan kadar kortisol Anda. Meskipun ini berguna untuk membantu Anda merasa waspada dan siap untuk pergi di pagi hari, ini bisa menjadi bumerang di malam hari dan menyebabkan kesulitan tidur. Namun, penelitian bertentangan di sini, dan beberapa penelitian menyatakan bahwa — selama Anda menyelesaikan latihan Anda 90 menit sebelum tidur — Anda harus tidur nyenyak.

Bangun dan olahraga di pagi hari juga dapat membantu ritme sirkadian Anda, siklus tidur-bangun alami yang memberi tahu Anda kapan waktunya untuk bangun dan kapan waktunya untuk tidur. “Ritme sirkadian Anda sangat bergantung pada cahaya untuk membantunya memahami siang versus malam sehingga dapat mengirim sinyal ke tubuh Anda untuk memproduksi melatonin, yang membantunya mencapai kualitas tidur yang lebih baik,” kata pakar tidur Kalle Simpson.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.